Berita

KONSULTASI PEMBENTUKAN JDIH STIH LITIGASI

Jakarta, 26 Januari 2022 Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Litigasi. Hadir dalam kunjungan tersebut Muh. Hajoran Pulungan Kaprodi Administrasi Peradilan STIH Litigasi dan jajaran. Menerima secara langsung dari Pusat JDIHN yakni Koordinator Bidang Optimalisasi Dokumen (ODH) Hukum Emalia Suwartika dan Subkoordinator ODH Diden Priya. Dalam kunjungan ini dibahas mengenai pembentukan JDIH di STIH Litigasi. Pertemuan tersebut akan ditindaklanjuti dengan membentuk website JDIH STIH Litigasi dan mengintegrasikan dengan Portal JDIHN.GO.ID. Pada kesempatan tersebut juga disampaikan bahwa Pusat JDIHN membuka kesempatan kepada pengajar maupun mahasiswa STIH Litigasi untuk berkontribusi menyampaikan gagasan ilmiah di bidang hukum melalui karya tulis ilmiah di Majalah Hukum Nasional dan Indonesian Law Journal. Kedua jurnal ilmiah ini dikelola oleh Pusat JDIHN BPHN.

Rapat Kerja JDIH BUMN

Bali, 20-22 Januari 2021 dilaksanakan Rapat Kerja Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) oleh Kementerian BUMN yang berlokasi di Hotel Aryaduta Kuta Bali. Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapus JDIHN bersama dengan Koordinator Bidang Otomasi Dokumentasi Hukum dan Sub Koordinator Bidang Digitalisasi Dokumen Hukum. Kegiatan dibuka langsung oleh Asisten Deputi Bidang Peraturan Perundang-undangan Wahyu Setyawan. Pada kesempatan tersebut disampaikan perkembangan terkini website JDIH Kementerian BUMN. Lebih lanjut disampaikan bahwa pada tahun 2022 JDIH BUMN akan lebih fokus untuk merubah tampilan website JDIH dan juga berencana memaksimalkan sistem pencarian data. “Ini perlu kami lakukan agar lebih memudahkan masyarakat dalam melakukan pencarian dokumen hukum. Tentu dengan perubahan ini akan membantu dalam proses penyusunan kebijakan berkaitan dengan BUMN”, tutur Wahyu Setiawan. Lebih lanjut disampaikan oleh Wahyu bahwa Tim Pengelola JDIH BUMN akan menambahkan beberapa fitur lainnya seperti tanya BUMN. Melalui fitur ini interaksi dengan masyarakat akan lebih mudah dilakukan khususnya informasi hukum yg berkaitan dengan BUMN. Dalam kesempatan yg sama, Kepala Pusat JDIHN menyampaikan beberapa poin penting terkait perkembangan Portal JDIHN terkini, serta poin indikator yang menjadi acuan penilaian bagi pusat JDIHN diantaranya aspek organisasi, Sumber Daya Manusia, Koleksi Dokumen Hukum, Teknis Pengelolaan, Sarana dan Prasarana, Pemanfaatan TIK, dan terakhir adalah aspek Inovasi yang merupakan aspek tambahan dari Pusat JDIHN. Kapus JDIHN berharap bahwa dalam pengembangan website JDIH BUMN agar disesuaikan dgn standar dari Permenkumham No. 8 Tahun 2019 baik dari tampilan website dan juga metadata dokumen hukumnya. Saat ini fokus utama kebijakan Pusat JDIHN adalah penambahan koleksi data dokumen hukum yang semakin beragam dari anggota JDIH. Pengembangan koleksi dokumen hukum tdk terbatas hanya peraturan namun juga dokumen non peraturan. Yasmon juga meminta agar keamanan data website JDIH menjadi perhatian dengan memanfaatkan digital signature. Diakhir paparan Kapus tak luput disampaikan mengenai arah kebijakan aplikasi JDIHN sebagai aplikasi umum SPBE.

Konsultasi Kabupaten Kepulauan Anambas terkait Penyampaian e-reporting, Standar Website, dan Promosi/Publikasi JDIH

Jumat, 21 Januari 2022 Pusat JDIHN kedatangan anggota JDIH dari Kabupaten Kepulauan Anambas. Dalam kunjungan kali ini, banyak hal dibahas di antaranya penyampaian e-reporting tahun 2021, standar website, dan mengemas promosi/publikasi JDIH. Hadir menerima kunjungan dari Pusat JDIHN Subkoordinator Penerbitan dan Publikasi JDIHN Claudia V, Subkoordinator Optimalisasi Dokumen Hukum (ODH) Sri Handayani, Subkoordinator Pelayanan Informasi Hukum (PIH) Sudino, JFT Pustakawan Fahri, JFU JIH Faizal, dan JFU ODH Angga W. Dari masing bidang menyampaikan saran dan masukan baik dari aspek perbaikan website JDIH, pengisian e report, maupun pengelolaan dokumen hukum dan promosi JDIH melalui media sosial agar JDIH di Kabupaten Kepulauan Anambas lebih baik lagi.

Konsultasi Kegiatan RAKOR JDIH di Provinsi Jawa Barat yang akan Diadakan oleh Biro Hukum Provinsi Jawa Barat

Kamis, 20 Januari 2022, Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional BPHN menerima kunjungan dari Biro Hukum Provinsi Jawa Barat. Kunjungan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan Rapat Koordinasi JDIH yang akan dilaksanakan oleh Biro Hukum Jabar. Hadir menerima secara langsung dari Pusat JDIHN yakni Koordinator Bidang Optimalisasi Dokumen Hukum (ODH) Emalia Suwartika, Subkoordinator ODH Diden Priya, dan Staff JFU ODH Kadek Derik. Acara Rakor merupakan upaya dari Biro Hukum Provinsi Jawa Barat melakukan pembinaan dan pengembangan anggota JDIH di wilayah Jawa Barat.

Konsultasi JDIH mengenai Penyampaian dan Pemeriksaan e-reporting JDIH Kota Ambon

Rabu, 19 Januari 2022 Bagian hukum Kota Ambon mengunjungi Pusat JDIHN BPHN. Kunjungan ini dalam rangka penyampaian dan pemeriksaan E Report JDIH Kota Ambon. Dari Pusat JDIHN BPHN menerima jungan tersebut Koordinator Bidang Optimalisasi Dokumen Hukum (ODH) Emalia Suwartika, Subkoordinator ODH Sri Handayani, dan JFT Pranata Komputer Idham. E-Report menjadi aspek penting dalam melihat kinerja anggota JDIH dalam kurun 1 tahun terakhir. Apa yang sudah dilakukan, inovasi yang sudah berjalan dan profil Anggota JDIH terangkum dalam e-Report. Pusat JDIHN selalu menghimbau agar seluruh anggota JDIH mengisi e-Report secara tepat waktu melalui https://e-report.jdihn.go.id/