berita

TIM TEKNIS JDIHN FOKUS TINGKATKAN KUALITAS APLIKASI JDIHN DENGAN MENGANDENG BERBAGAI PIHAK TERKAIT

TIM TEKNIS JDIHN FOKUS TINGKATKAN KUALITAS APLIKASI JDIHN DENGAN MENGANDENG BERBAGAI PIHAK TERKAIT

Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (Pusat JDIHN) Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) menggelar Forum Group Discussion (FGD) Tim Teknis JDIHN Tahun 2024. Acara ini berlangsung di Hotel Mercure Tangerang BSD City pada 4-5 Maret 2023 dengan melibatkan berbagai pihak terkait seperti Badan Siber Sandi Negara, Pusdatin Kementerian Hukum dan HAM, BPSDM Kemenkumham, serta Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kemenkumham.

Dalam sambutannya, Kepala Pusat JDIHN, Nofli, menyampaikan bahwa saat ini Pusat JDIHN mengelola 3 aplikasi penting. Pertama adalah Portal Integrasi JDIHN yang berfungsi sebagai database nasional yang menghimpun dokumen hukum dari seluruh anggota JDIH yang telah terintegrasi dengan Pusat JDIHN. Aplikasi kedua adalah Standar Pengolahan Dokumen dan Informasi Hukum (ILDIS) yang dimanfaatkan oleh BPHN untuk aplikasi JDIH-nya dan telah dipakai oleh beberapa anggota JDIHN. Terakhir, aplikasi pelaporan secara elektronik memudahkan anggota JDIHN dalam melaporkan hasil kinerja JDIH instansinya.

Nofli juga menegaskan komitmen Pusat JDIHN untuk terus meningkatkan kualitas ketiga aplikasi tersebut, dengan melibatkan tenaga IT tidak hanya dari internal, tetapi juga dari anggota JDIHN. Dia mengharapkan kontribusi aktif dari para anggota Tim Teknis untuk memperkuat dan menyumbangkan ide-ide inovatif bagi pengembangan aplikasi tersebut. Selain itu, Nofli menekankan pentingnya penyelesaian masalah-masalah yang telah teridentifikasi dan mengatasi kendala-kendala yang dihadapi dalam beberapa waktu terakhir. Dengan penyelenggaraan Tim Teknis ini, diharapkan semua masalah dapat segera terselesaikan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam pengelolaan JDIHN.

FGD Tim Teknis JDIHN Tahun 2024 diharapkan dapat menjadi platform kolaboratif yang efektif untuk meningkatkan kinerja aplikasi JDIH Nasional, sehingga memberikan manfaat yang optimal bagi pemangku kepentingan dan masyarakat luas

Berita Lainnya

Card image cap

ASESMEN JDIH, UPAYA BPIP UNTUK MENDORONG PEMBINAAN PANCASILA DAN TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DOKUMEN DAN INFORMASI HUKUM

03 Mei 2023
Card image cap

Peningkatan Asistensi Layanan Informasi anggota JDIHN di Kanwil Kemenkumham

24 Juni 2020
Card image cap

SALING BERBAGI PENGALAMAN MERUPAKAN SALAH SATU STRATEGI MENDORONG PENINGKATAN KUALITAS PENGELOLAAN JDIH ANGGOTA

06 April 2022