berita

TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DOKUMEN DAN INFORMASI HUKUM, KEMENTERIAN PPN/BAPPENAS GELAR BIMTEK PENGELOLAAN JDIH

TINGKATKAN KUALITAS LAYANAN DOKUMEN DAN INFORMASI HUKUM, KEMENTERIAN PPN/BAPPENAS GELAR BIMTEK PENGELOLAAN JDIH

Bogor, 17 November 2023 - Kementerian PPN/Bappenas terus melakukan berbagai percepatan pengelolaan JDIH di instansinya. Pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian PPN/Bappenas digelar pada tanggal 17 November 2023 di Hotel 1O1 Bogor. Acara yang dibuka oleh Kepala Biro Hukum RR Rita Erawati ini turut menghadirkan Pusat JDIHN Badan Pembinaan Hukum Nasional Dalam sambutannya, Rita Erawati menyampaikan sejumlah capaian signifikan, termasuk perbaikan user interface, penambahan fasilitas perpustakaan hukum, dan peluncuran aplikasi mobile untuk platform Android dan iOS. "Dengan kegiatan ini, kami berharap mendapatkan pendampingan untuk terus meningkatkan kualitas JDIH Kementerian PPN/Bappenas," ujarnya. Pusat Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional (JDIHN) turut ambil bagian dalam acara ini, diwakili oleh Koordinator Sistem Basis Data Dokumen, Emalia Suwartika, Pustakawan Ahli Pertama Robby Ferdyan, dan Analis Hukum JFU Faizal Yusuf. Emalia Suwartika menyampaikan hasil evaluasi pengelolaan JDIH Kementerian PPN/Bappenas untuk tahun 2022. Pentingnya konsistensi dalam pengisian metadata sesuai standar Permenkumham No. 8 Tahun 2019 menjadi sorotan Emalia kepada pengelola JDIH Kementerian PPN/Bappenas. Emalia juga menekankan API JDIH Kementerian PPN/Bappenas yang aktif dan sinkronisasi data secara berkala, serta pentingnya menyampaikan ereport secara lengkap dan tepat waktu. Robby Ferdyan memberikan pemaparan mengenai pembuatan abstrak, memberikan wawasan mendalam kepada peserta mengenai aspek pembuatan abstrak sesuai dengan standar pengelolaan dokumen dan informasi hukum. Terakhir, sesi penyusunan laporan tahunan JDIH (ereport), yang dipandu oleh JFU Analis Hukum Faizal Yusuf, untuk penyampaian laporan yang lengkap dan tepat waktu. Acara ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kualitas JDIH Kementerian PPN/Bappenas, serta melanjutkan upaya menuju pelayanan dokumen dan informasi hukum yang lebih baik bagi masyarakat.

Berita Lainnya

Card image cap

PUSAT JDIHN MINTA ANGGOTA JDIHN DI PROVINSI MALUKU UNTUK MEMANTAU DOKUMEN HUKUM PADA WEBSITE JDIH DAN MELAKUKAN SINKRONISASI SECARA BERKALA

10 Maret 2022
Card image cap

PUSAT JDIHN DORONG AGAR INOVASI YANG DILAKUKAN ANGGOTA JDIH MERUPAKAN HAL BARU DAN MEMUDAHKAN MASYARAKAT

14 Maret 2023
Card image cap

HALAL BIHALAL PUSAT JDIHN JADI MOMENTUM UNTUK BERMAAFAN DAN BERKINERJA LEBIH PRODUKTIF

09 Mei 2022